UNSUR- UNSUR KOMUNIKASI BISNIS

  UNSUR- UNSUR KOMUNIKASI BISNIS             komunikasi bisnis merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau p...

 

UNSUR- UNSUR KOMUNIKASI BISNIS



            komunikasi bisnis merupakan salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu bisnis atau perusahaan. Dimana dalam komunikasi ini berisi pendapat, ide, gagasan, maupun informasi. Komunikasi bisnis juga melibatkan pertukaran informasi yang terus-menerus. Lebih banyak bisnis diperluas, lebih besar tekanannya pada bisnis tersebut untuk menemukan cara komunikasi yang lebih efektif – bersama para pekerja dan dengan dunia di luar. Dengan demikian, bisnis dan komunikasi berjalan bergandengan tangan.[1]

·      Unsur-unsur komunikasi bisnis ada 6 unsur pokok diantaranya:

1.      Mempunyai tujuan, dalam artian bahwa komunikasi bisnis harus mempunyai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya yang sejalan dengan tujuan Organisasi.

2.      Pertukaran, dalam hal ini yaitu melibatkan paling tidak dua orang atau lebih yaitu komunikator dan komunikan.

3.      Gagasan, informasi, opini dan instruksi merupakan isi dari pesan yang bentuknya sangat beragam tergantung situasi, kondisi dan tujuan.

4.      Menggunakan saluran personal ataupun interpersonal yang mungkin bersifat tatap muka, memakai media tertentu ataupun melalui media yang menjangkau jutaan orang diluar sana secara bersamaan.

5.      Menggunakan sinyal atau simbol yang merupakan alat atau metode yang bisa dimengerti ataupun dipahami oleh penerima pesan.[2]

6.      Pencapaian tujuan organisasi. Salah satu karakteristik (ciri khas) yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi ialah adanya tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

 

Pola Komunikasi Bisnis terdiri dari:  

a.       Saluran Komunikasi Formal dan b.) Saluran Komunikasi Informal. Dalam kaitannya dengan proses penyampaian informasi dari manajer kepada bawahan, dapat berbentuk 3 pola yaitu:

1.      Komunikasi dari atas ke bawah

Komunikasi dari atas ke bawah (top-down) merupakan jalur komunikasi yang berasal dari atas (manajer) ke bawah (karyawan) merupakan penyampaian pesan yang dapat berbentuk perintah, instruksi, maupun prosedur untuk dijalankan para bawahan dengan sebaik-baiknya.

2.      Komunikasi dari bawah ke atas

Komunikasi ini biasa disebut buttom-up communicatin berarti alur pesan yang disampaikan berasal dari bawah (karyawan) menuju ke atas (manajer). Pesan mula-mula berasal dari para karyawan yang selanjutnya disampaikan ke jalur yang lebih tinggi.

3.      Komunikasi Horizontal

Horizontal communication atau sering disebut komunikasi lateral (lateral communication) adalah komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar atau sederajat dalam suatu organisasi. Tujuan komunikasi horizontal antara lain untuk melakukan persuasi, mempengaruhi, dan memberikan informasi kepada bagian atau departemen yang memiliki kedudukan sejajar.

 

 

b. Saluran Komunikasi Informal

Dalam jaringan komunikasi informal, orang-orang yang ada dalam suatu organisasi, tanpa mempedulikan jenjang hierarki, pangkat, dan kedudukan atau jabatan, dapat berkomunikasi secara luas. Meskipun hal-hal yang mereka perbincangkan biasanya bersifat umum, seperti mengobrol tentang humor yang baru di dengar, keluarga, anak-anak, dunia olahraga, musik, acara film, dan sinetron tv, dan kadang kala mereka juga membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan situasi kerja yang ada dalam organisasinya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTOH BISNIS

STRATEGI PEMASARAN TAPE( BUK TIN 99) BONDOWOSO

Bondowoso adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terletak di wilayah timur pulau Jawa. Bondowoso memiliki ciri khas tersendiri dan dikenal sebagai Kota Tape. Tape Bondowoso umumnya dikemas dalam sebuah besek (anyaman dari bambu berbentuk kotak). Tape adalah produk makanan yang dibuat dengan bahan dari singkong. Salah satu merek tape manis yang terkenal yaitu Tape Buk Titin 99 Usaha Tape buk Titin 99 ini berada di Wonosari Bondowoso.

Tepatnya terletak di Jalan kerang, Wonosari, Bondowoso. Usaha ini didirikan oleh Bapak H.Titin sejak tahun 1999. Jadi nama Tape buk Titin 99 sesuai dengan tahun didirikan, agar lebih mudah mengingatnya. Tape Bondowoso ini memiliki potensi bisnis yang besar untuk dikembangkan karena  bagus, baik untuk kalangan lokal maupun masyarakat luar daerah.

Strategi Produk Produk Tape buk Titin 99 merupakan tape murni yang terbuat dari singkong dan ragi yang sama-sama berkualitas dan bermutu. Hal ini dapat dibuktikan dari proses produksi hingga matang, karena ketika tape tersebut sudah melewati batas matang biasanya tape cenderung busuk. Namun karena singkong yang dipakai adalah singkong pilihan yang bermutu, maka tape tersebut tidak mudah busuk.   Tape buk Titin 99 mampu menghasilkan tape hingga 5 atau 10 karung singkong perhari. Dan proses pembuatannya sangat sederhana namun butuh keuletan dan keterampilan dalam menyajikan produk.

 

Adapun proses produksi tape ini yaitu dimulai dari mengupas singkong, kemudian mengukus singkong, lalu penyortiran, hingga pengepakan tape. Sebuah produk perlu dirancang dengan baik agar dapat memuaskan para konsumen. Dalam merancang sebuah produk, buk Titin tentunya harus memperhatikan dan menjaga kualitas barang. Jika sebuah produk sudah terjamin kualitasnya, maka produk tersebut akan mudah diterima oleh konsumen. Apabila produk dapat memberikan kepuasan terhadap konsumen, maka produk tersebut akan laku dipasaran. Untuk itu, perusahaan perlu melakukan riset(penelitian) pemasaran, produk apa yang disenangi dan butuhkan oleh konsumen.

Tape buk Titin 99 juga ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian untuk di beli, buk Titin juga menuliskan no.Whatsaapnya di banner di depan halaman rumahnya. Agar konsumen bisa dengan mudah menelvonnya ketika hendak membeli banyak tape sehingga bisa di kirim ke rumah konsumen tersebut. Harga yang diberikan oleh Tape buk Titin 99 kepada konsumen diantaranya berkisar Rp6.000 untuk tape dengan besek kecil, dan Rp12.000 yang besek besar tape.

Tape buk Titin Bondowoso melakukan beberapa strategi promosi, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial seperti:  whatsapp, dan facebook. Tape buk Titin 99 Bondowoso juga berusaha menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dalam aktifitas sehari harinya. Dimana setiap konsumen yang datang membeli ke rumahnya tersebut, dilayani dengan baik dan ramah, sehingga pelanggan yang datang menjadi senang dan ingin mendatangi toko lagi.

 

 

 

 

Resume

Mempertahankan Eksistensi Media Akibat Dampak Pandemi Covid-19

 1. Oleh  : Errol Jonathans CEO

2.  Judul : Radio Surabaya

3. Menurut bapak Errol Jonathans Radio menjaga eksistensi di masa pandemi covid19Menurut bapak erol dimasa pandemi saat ini bagaiaman media harus bisa tetap berbisnis di masa pandemi covid19 ini, adakah sumber alternatif saat pengiklanan mengurangi belanja, saat perilaku masyarakat berubah apa yang dilakukan media, haruskan pemerintah menopong bisnis media saat iklan merosot. Selain itu, bapak Errol Jonathans mengatakan saat pandemi terjadi tuntutan media semakin tinggi namun periklanan semakin mengurangi, dan pada saat itu juga radio suara surabaya merospon dengan 3 cara yaitu dengan melakukan konsolidasi, restorasi yaitu perubahan cara kerja seperti biasa, dan reformasi yaitu mengimplementasikan langsung. Dan ada 7 tantangan distruptif yang pertama leadership, business capabilits, mindset, corporate cilture, sales dan revenue, customer engagement, dan inovation. Lalu target utama radio SS yaitu menjaga pamor, dan persepsi positif.

4. Supaya menjadi penguatkan operasional konvergensi suara surabaya media yang menjadi peluang baru bisnis radio.

5. Mulai dari waktu itu semenjak adanya tututan peranan media makin meningkat sedangkan bisnis dan iklan media menurun.

 

 

 

6. Tim suara surabaya melakukan kemitraan secara kongkrit kepada audiens. Seperti

1.      a) Membangun positioning sebagai media covid 19

b) Menjadi sumber informasi, edukasi, sosialisasi, klarifikasi

c) Mitra satgas covid-19 pemkot surabaya dan pemprov jatim

d) Sinergi dengan stakeholder penanganan covid-19

e) Motivator solusi dan kebangkitan sosial-ekonomi.

 

 

 

 

 



[2] https://sonyamarlina60.wordpress.com/2017/09//23/unsur-unsur-komunikasi-bisnis/.                        

 

COMMENTS

Name

berita,9,fahsion,3,gempha news,5,gender,5,IT,52,kesehatan,39,lirik lagu,8,MAKALAH,5,materi,13,sejarah,8,tentang pmii,17,uin jember,2,warta,14,
ltr
item
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta: UNSUR- UNSUR KOMUNIKASI BISNIS
UNSUR- UNSUR KOMUNIKASI BISNIS
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhnGBa3fJAVRSe7zIF_LMobSnyCzo-7MoSQTkB2VTeOXBfJQjvKoAmKSu3tz4Ky6OFgz1CF3TfSKZxRGNPfjbzlJomJcKWuEG8aFOtdjSivy_UqcivjJdU1VB_ZpckxdUK-4a536RfofQBD_vKmMaUk6dTlpk-UaiTigO1NVj0-wYfaaqYOpHPHk6AQ
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhnGBa3fJAVRSe7zIF_LMobSnyCzo-7MoSQTkB2VTeOXBfJQjvKoAmKSu3tz4Ky6OFgz1CF3TfSKZxRGNPfjbzlJomJcKWuEG8aFOtdjSivy_UqcivjJdU1VB_ZpckxdUK-4a536RfofQBD_vKmMaUk6dTlpk-UaiTigO1NVj0-wYfaaqYOpHPHk6AQ=s72-c
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta
https://pmiigempha.blogspot.com/2022/01/unsur-unsur-komunikasi-bisnis.html
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/2022/01/unsur-unsur-komunikasi-bisnis.html
true
3388097559341598177
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy