Sembilan Harakah Nilai-Nilai Dasar PMII

Nilai Dasar Pergerakan tersebut yang terformulasikan dalam pola hubungan Allah, Manusia, dan Alam diatas diturunkan atau diimplementasik...


Nilai Dasar Pergerakan tersebut yang terformulasikan dalam pola hubungan Allah, Manusia, dan Alam diatas diturunkan atau diimplementasikan kedalam sembilan harakah nilai-nilai dasar PMII. Sembilan harakah tersebut antara lain :

Sembilan Harakah Nilai-Nilai Dasar PMII

1.   Harakah Islamiyyah
Menyadari sebagai seorang muslim mempunyai kewajiban menjalankan dan menyebarkan ajaran Islam berfaham Aswaja sesuai landasan Al Qur’an, Al Hadis, Ijma’, dan Qiyas. Mengajarkan nilai-nilai universal keseluruh penjuru dunia dengan pola pendekatan Amar Ma’ruf Nahi Munkar. Lebih jelasnya kalau dalam keseharian kita adalah tentang peribadahan atau spiritual yang sesuai amalan Ahlussunnah Wal Jamaah An Nahdiyyah.

2.   Harakah Fikiriyyah (Intelektual)
Sebagai mahasiswa berkewajiban menjadi insan ulul albab (Manusia berintelektual). Proses mencari ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya, sebagai penopang ruh gerakan untuk mencapai maslahatul ummah.

3.   Harakah Sya’biyyah (Kebangsaan)
PMII mempunyai tekad kuat dalam membangun Negara Indonesia dengan keberagaman yang ada, baik agama, etnik, ras dan bahasa yang dimiliki bangsa Indonesia. Keberagaman adalah modal besar kekuatan persatuan menjadi  bangsa yang berdaulat. Dan kader PMII berupaya aktif dalam menjaga keberagaman bangsa yang plural dari adanya agitasi dan propaganda berbagai pihak yang ingin memecah belah persatuan bangsa.

4. Harakah Ukhuwah
Menyadari dan Menjalin persaudaraan kepada sesama Muslim (Ukhuwwah Islamiyyah), persaudaraan sesama bangsa Indonesia (Ukhuwwah Wathaniyyah) dan persaudaraan sebagai manusia (Ukhuwah Basyariyyah) dalam bermasyarakat ditengah kemajemukan bangsa Indonesia yang saat ini masih perlu diperkuat lagi, khususnya dalam menjalin hubungan persaudaraan sesama bangsa Indonesia (Ukhuwwah Basyariyyah).

5. Harakah Ra’iyyah (Kerakyatan)
Sebuah perubahan tidak akan pernah terwujud, tanpa adanya usaha yang ditempuh dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Untuk itu, perlu dibangun suatu kesadaran masa akan pentingnya gerakan bersama dalam memperjungkan kemerdekaan yang masih jauh dari rakyat Indonesia. Gerakan ini antara lain perlunya menegakkan keadilan hukum bagi seluruh rakyat Indonesia agar tidak ada hukum yang timpang di negara ini.

6. Harakah Tsaqafiyyah (Kebudayaan)
Bangsa yang berkepribadian adalah bangsa yang mememiliki jati diri kebudayaan. Bangsa Indonesia sendiri merupakan bangsa yang kaya akan kebudayaan, sehingga perlu bagi warga negara Indonesia khususnya kader PMII untuk mampu menjaga dan melestarikan budaya-budaya yang ada di lingkungannya. Sebab dalam arus globalisasi saat ini gencar dilakukan aktivitas pembaratan pada dunia ketiga. Akibatnya budaya bangsa Indonesia yang mempunyai nilai kolektivitasnya seakan hilang tergantikan budaya-budaya yang menekankan individualisme. Maka perlunya bagi kader PMII dalam upaya pelestarian budaya bangsa baik dengan mengembangkannya dengan nuansa baru namun tidak meninggalkan ruh kebudayaan yang ada.

7. Harakah Ijtima’iyyah (Sosial)
Kesadaran dan kesukarelaan menjadi civil society sebagai agen pengontrol dan perubahan. Disamping itu, dengan civil society pendidikan dengan sistem pengkaderan untuk mempersiapkan para generasi penerus untuk mengelola Negara demi terciptanya tatanan masyarakat yang berdaulat, adil, makmur.

8. Harakah Iqtishadiyyah (Ekonomi)
Membangun sebuah bangsa harus juga juga dibarengi dengan pengelolaan sumberdaya ekonomi secara mandiri dan tidak bergantung pada asing. Tidak sebagaimana yang kita lihat saat ini, kita masih menjadi bangsa yang konsumtif dengan mingimpor produk-produk dari luar. Adapun semangat produktifitas bangsa belum benar-benar terfasilitasi oleh penyelenggara kebijakan negara ini. Dalam hal ini, kader menjadi penggerak serta  mempersiapkan diri menjadi sumber produktifitas dan mengelola ekonomi negara untuk kesejahteraan rakyat. Dengan berfikir secara inovatif dan kreatif sebaik mungkin.

9.   Harakah Hurriyah (Kebebasan)
Kebebasan adalah kodrat hak asasi manusia. Prinsip ini dalam ajaran agama dikenal dengan Maqashid al Syari’ah  khams (lima prinsip dasar) yaitu;
1.    Hifzhu al Din (Menjaga Agama)
2.    Hifzhu al Nafs (Menjaga Jiwa)
3.    Hifzhu al ‘Aql (Menjaga Akal Pikiran)
4.    Hifzhu al Nasl (Menjaga keturunan [tradisi dan kekayaan etnis])
5.    Hifzhu al Mal (Menjaga Harta).
Ushulu Khams ini kalau dibahasakan secara sederhana adalah HAK ASASI MANUSIA.
Dari Sembilan harakah nilai-nilai dasar yang dijelaskan di atas, maka perlu diseimbangkan dalam penerapannya, kita sebagai kaum gerakan dan aktor organisatoris akan mencapai totalitas pengabdian sebagai hamba  Allah sebagai khalifah di muka bumi. Totalitas yang akan menjadi semangat dan ruh bagi kita dalam mewarnai hidup ini tidak semata-mata dengan pertimbangan Ketuhanan belaka, melainkan dengan pertimbangan kemanusiaan dan kelestarian lingkungan hidup yang dikenal dengan pola hubungan antara manusia dengan Allah (Hablun min Allah), hubungan manusia dengan sesama manusia (Hablun min al-Nas), dan hubungan manusia dengan alam (Hablun min al-‘Alam). Kemudian meyakini dengan penuh kesadaran bahwa menyeimbangkan ketiga pola hubungan tersebut merupakan totalitas ke-Islaman yang landasannya adalah wahyu Tuhan dalam Al-Quran dan Hadits Nabi SAW. 

Totalitas Ke-islaman dengan menerapkan Sembilan Nilai Dasar tersebut akan memandu jalan kita dalam mencapai tujuan gerakan membangun kehidupan manusia yang berkeadilan. Akan tetapi, rumusan Nilai-nilai Dasar PMII perlu selalu dikaji secara kritis, dipahami secara mendalam dan dihayati secara teguh serta diwujudkan secara bijaksana. Karena dengan NDP ini yang seharusnya diamalkan oleh pribadi muslim yang bertakwa-berilmu-beramal, yaitu pribadi yang sadar akan kedudukan dan perannya sebagai intelektual muslim berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah di negara Indonesia yang maju, manusiawi, adil, penuh rahmat dan berketuhanan serta merdeka sepenuhnya.


COMMENTS

Name

berita,9,fahsion,3,gempha news,5,gender,5,IT,52,kesehatan,39,lirik lagu,8,MAKALAH,5,materi,13,sejarah,8,tentang pmii,17,uin jember,2,warta,14,
ltr
item
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta: Sembilan Harakah Nilai-Nilai Dasar PMII
Sembilan Harakah Nilai-Nilai Dasar PMII
https://1.bp.blogspot.com/-EdVBSHk4xTM/WdPEL-UORSI/AAAAAAAAAEA/T2D6qo5Uo3IhL0pi1rKTcqV4a-8dvAhkACPcBGAYYCw/s400/logo-pmii.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-EdVBSHk4xTM/WdPEL-UORSI/AAAAAAAAAEA/T2D6qo5Uo3IhL0pi1rKTcqV4a-8dvAhkACPcBGAYYCw/s72-c/logo-pmii.jpg
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta
https://pmiigempha.blogspot.com/2017/10/sembilan-harakah-nilai-nilai-dasar-pmii.html
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/2017/10/sembilan-harakah-nilai-nilai-dasar-pmii.html
true
3388097559341598177
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy