METHOD 1. Tujuan Dapat menjelaskan bagaimana struktur method, dan dapat menyebutkan serta membuat berbagai method. 2. Pembahasan D...
METHOD
1. Tujuan
Dapat menjelaskan bagaimana struktur method, dan dapat menyebutkan serta membuat berbagai method.
2. Pembahasan
Dalam pertemuan ke 2 ini kita akan membahas tentang method, method sendiri bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik.
Selanjutnya pembahasan untuk program-program pada listing, yaitu, pada praktek yang pertama membuat accessor methods, methods Accessor dapat digunakan untuk membaca nilai variable pada class, baik berupa instance maupun berupa static. Pada script program praktek 1 memiliki sebuah kelas dengan nama Method1 serta atribut didalam kelas yang memakai akses private serta value(nilai) yang telah ditentukan. Methods accessor memiliki dan mempunyai return value dan dapat ditulis dengan get<namaInstanceVariable>, public int getUmur(){, return umur;, sehingga pada saat dijalankan akan muncul umur. Serta getNama dengan return valuenya nama.
Selanjutnya untuk praktek yang ke 2 yaitu membuat mutator methods. Pada program method2 tersebut hanya menambahkan variable set saja dengan penulisan umum pada mutator set<namaInstanceVariable> dengan nama instance variabel String Temp, selanjutnya atribut pada class method2 adalah string yang digunakan untuk variable Nama dan integer untuk instance variable Umur. Untuk mengeluarkan hasilnya sebelumnya kita harus mengatur dahulu variable valuenya dengan get.
Kemudian untuk program yang ke 3, pada program Methods3 terdapat script public String getNumberInWord(int num) dimana memiliki beberapa value didalamnya, pada saat eksekusi int num nya kita beri nilai 2 jadi hasilnya two. Dan program tersebut ada nilai defaultNum jika dieksekusi pada system.out.println(m1.getNumberInWords (7)); maka hasilnya akan keluar “Zero” sebab nilai dari defaultNum=”Zero” .
Selanjutnya untuk program ke 4, tentang method static memiliki class yang tidak dapat dipakai oleh instance atau objek dari class. Pada program ke 4 pada public int luasKotak(int p, int l) jika tidak diberi sitaks static maka akan error, maka harus ditambahkan sintaks static agar hasilnya keluar.
Untuk program 5, diminta untuk penggunaan reference this, reference This digunakan untuk mengakses sebuah instance variable yang dibiaskan oleh parameter, maksudnya hanya bisa membedakan yang mana atribut dan parameter. Selanjutnya untuk program 6 diminta untuk membuat overloading, pada program tersebut dimana parameter pertama adalah double p, double l karena dengan type data double maka returnnya 0.5*p*l. Parameter int p, int l return p*l dan s merupakan parameter yang hanya menghitung sisi dengan returnnya s*s. Setelah program tersebut dijalankan maka hasilnya akan berbeda, meskipun methodnya sama.
Selanjutnya untuk program 7, yaitu membuat constructor, disitu terdapat 2 atribut yaitu umur dan nama, dan dilanjutkan dengan isi dari class method7 yaitu untuk umur 0 dan nama dikosongkan, lalu terdapat method mutator, dan dilanjutkan dengan method main untuk menjalankan obyek tersebut, dan akan menampilkan nama serta umur.
3. Tugas
1. Accesor methods
import java.util.Scanner;
public class Mahasiswa {
private int nim= "095610008";
private String nama="Sulistya Nugraha";
private String jurusan="Sistem Informasi";
public int getNim(){
return nim;
{
public String getNama(){
return nama;
}
public String getJurusan(){
return jurusan;
}
public static void main(String args[]) {
Mahasiswa m1 = new Mahasiswa();
System.out.println(m1.getNim());
System.out.println(m1.getNama());
System.out.println(m1.getJurusan());
}
}
2. Mutator methods
import java.util.Scanner;
public class Tugas {
private int nim= "095610008";
private String nama="Sulistya Nugraha";
private String jurusan="Sistem Informasi";
public int getNim(){
return nim;
{
public void setNama(String temp){
nama =temp;
}
public void setJurusan(){
jurusan=temp;
}
public static void main(String args[]) {
Mahasiswa m1 = new Mahasiswa();
System.out.println(m1.getNim());
System.out.println(m1.getNama());
System.out.println(m1.getJurusan());
}
}
4. Kesimpulan
Dalam membuat menjelaskan struktur metho, kita harus tahu dahulu deklarasi method, yaitu accesor methods, mutator methods, return statements, method static, reference this, overkoading methods, dan constructor, yang memiliki fungsi yang berbeda-beda.
5. Listing
Terlampir.
COMMENTS