Laporan Pemerograman Berorintasi Objek 7 KELAS ABSTRAK DAN INTERFACE

KELAS ABSTRAK DAN INTERFACE 1.      Tujuan Agar dapat memahami dan membaut sebuah program dengan menggunakan kelas abstrak dan kelas interfa...


KELAS ABSTRAK DAN INTERFACE

1.     Tujuan
Agar dapat memahami dan membaut sebuah program dengan menggunakan kelas abstrak dan kelas interface.
2.     Pembahasan
Pada pertemuan 7 ini akan membahas tentang kelas abstrak dan kelas interface, kelas abstrakmerupakan kelas yang mengandung satu atau lebih metode abstrak. Sebuah metode abstrak merupakan metode yang dideklarasikan, tetapi tidak mengandung implementasi. Abstrak kelas mungkin tidak instantiated, dan membutuhkan subclass untuk memberikan implementasi untuk metode abstrak. Mari kita lihat sebuah contoh kelas abstrak, dan metode abstrak. Untuk lebih jelas tentang kelas abstrak dapat dilihat pada contoh program dibawah ini,
 public abstract Animal publik abstrak Hewan
{ {
   public void makan (Makanan makanan)
   { {
        / / Lakukan sesuatu dengan makanan .... 
   } }
 
   public void tidur (jam int)
   { {
        try      { {
         / / 1000 milidetik * 60 detik * 60 menit * jam
         Thread.sleep (1000 * 60 * 60 jam *);
  } }
  catch (InterruptedException ie) { /* ignore */ }
   } }
 
   public void makeNoise abstrak ();
} } 
Pada contoh diatas terlihat bahwa kata kunci abstrak digunakan untuk menunjukkan kedua metode abstrak, dan kelas abstrak. Setiap binatang yang ingin menjadi instantiated (seperti anjing atau sapi) harus menerapkan metode makeNoise - dinyatakan tidak mungkin untuk membuat sebuah instance dari kelas tersebut. Untuk lebih jelasnya dapat ita lihat Anjing dan subclass Sapi yang membentang kelas Animal.
 public Dog extends Animal 
{ {
   public void makeNoise() { System.out.println ("Bark! Bark!"); } 
} }
 
public Cow extends Animal 
{ {
   public void makeNoise() { System.out.println ("Moo! Moo!"); } 
} } 
Pada program tersebut tidak mendeklarasikan sebuah kelas abstrak sebagai interface, dan memiliki Anjing dan Sapi mengimplementasikan antarmuka. Tentu kita bisa - tetapi kita akan juga perlu menerapkan metode makan dan tidur. Dengan menggunakan kelas abstrak, kita dapat mewarisi pelaksanaan lain (non-abstrak) kita tidak dapat melakukan itu dengan interface - antarmuka tidak dapat memberikan metode implementasi.
Untuk penjelasan pada listing, untuk program yang pertama disitu merupakan kelas abstrak dengan nama kelasnya bangundatar, dimana class tersebut akan menjadi subclass, program selanjutnya dengan nama class bujursangkar yang merupakan turunan dari class bangun datar, yang isi programnya membuat sebuah method untuk menghitung luas suatu bujursangkar dengan rumus luas sisi*sisi dan untuk keliling 4*sisi, kemudian untuk menjalankan program diatas maka harus ada void mainnya, disini menggunakan class abstraksample untuk menjalankan program bujursangkar, dengan cara membuat nama method baru
Selanjutnya untuk program kelas interface, disitu terdapat subclass interface angundatar yang memiliki method hitungluas dan hitungkeliling, selanjutnya program yang kedua dengan nama class interfacebujursangkar dimana turunan dari class interfacebangundatar dengan memnggunakan implements, dimana isi dari program tersebut menghitung luas dan keliling bujursangkar dengan rumus yang sama pada class abstrak tadi, selanjutnya untuk program yang ketiga merupakan class untuk memanggil class yang diatas tadi dengan cara membuat deklarasi method baru.
3.     Latihan
Terlampir dilisting.
4.     Tugas
1.      Membuat class abstrak menusia
                 public interface InterfaceManusia {
    static final String GEN="Seorang manusia" ;
    String Nama="sulistya nugraha";
    String sex="LAKI-LAKI";
}
package pertemuan7;
public class InterfaceIndividu implements InterfaceManusia {
    public String getGen(){
        return GEN;
    } public String getNama(){
        return Nama;
    } public String getsex(){
        return sex;     }
package programmod7;
public class Interfacemain {
public static void main(String[]args){
    InterfaceIndividu Mns=new InterfaceIndividu();
    System.out.println("Makhluk Hidup:"+Mns.getGen());
    System.out.println("Nama:"+Mns.getNama());
    System.out.println("Dengan Jenis Kelamin:"+Mns.getsex());

Hasil:
run:
Makhluk Hidup:Seorang manusia
Nama: sulistya nugraha
Dengan Jenis Kelamin:LAKI-LAKI
BUILD SUCCESSFUL (total time: 1 second)


2.      Perbedaan class abstrak dan interface
Jawab  : Class abstract adalah jenis khusus dari kelas yang tidak dapat instantiated.  Dengan kata lain, hanya memungkinkan kelas lain untuk mewarisi dari itu tapi tidak dapat instantiated. Keuntungannya adalah yang mengharuskan hirarki tertentu untuk semua subclass. Dengan kata sederhana, ini adalah semacam kontrak yang memaksa semua subkelas untuk melanjutkan hierarki yang sama atau standar.
Class Interface bukan kelas. Ini adalah sebuah entitas yang didefinisikan oleh kata Interface. Sebuah Interface  tidak memiliki implementasi, hanya memiliki tanda tangan atau dengan kata lain, hanya definisi metode tanpa tubuh. Perbedaan utama antara mereka adalah bahwa class dapat mengimplementasikan lebih dari satu. tetapi Interface  hanya dapat mewarisi dari satu kelas abstrak.

5.      Kesimpulan
            Kelas abstrak merupakan jenis khusus dari kelas yang tidak dapat instanriated, cirri-ciri kelas abstrak yaitu cara menurunkan class nya dengan extends, sedangkan interface sebenarnya bukan sebuah class, interface merupakan entitas yang didefinisikan oleh kata interface, untuk menurunkan classnya menggunakan implements.
6.     Listing
Telampir.


COMMENTS

Name

berita,9,fahsion,3,gempha news,5,gender,5,IT,52,kesehatan,39,lirik lagu,8,MAKALAH,5,materi,13,sejarah,8,tentang pmii,17,uin jember,2,warta,14,
ltr
item
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta: Laporan Pemerograman Berorintasi Objek 7 KELAS ABSTRAK DAN INTERFACE
Laporan Pemerograman Berorintasi Objek 7 KELAS ABSTRAK DAN INTERFACE
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZiCO9X0V4u9id-I1afdRTn6r6XAz44Q1JUdMCRIVU94NuEXlUlVEodba9QqvOIGNIjQqLARjy1kUHKuk7nSAZ1dowAE5qXmdslPB6VpErc1hrl3D3Yu6cF8nGtXHuMvbAD5wCon3PZ_o/s320/database-management-system.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiZiCO9X0V4u9id-I1afdRTn6r6XAz44Q1JUdMCRIVU94NuEXlUlVEodba9QqvOIGNIjQqLARjy1kUHKuk7nSAZ1dowAE5qXmdslPB6VpErc1hrl3D3Yu6cF8nGtXHuMvbAD5wCon3PZ_o/s72-c/database-management-system.jpg
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta
https://pmiigempha.blogspot.com/2017/07/laporan-pemerograman-berorintasi-objek_21.html
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/2017/07/laporan-pemerograman-berorintasi-objek_21.html
true
3388097559341598177
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy