GERAKAN MAHASISWA

GERAKAN MAHASISWA Oleh : AZAM* Gerakan Mahasiswa  terdiri dari kata gerakan dan Mahasiswa. Gerakan berarti perubahan, sedangkan Mah...


GERAKAN MAHASISWA
Oleh : AZAM*

Gerakan Mahasiswa  terdiri dari kata gerakan dan Mahasiswa. Gerakan berarti perubahan, sedangkan Mahasiswa adalah sekelompok manusia yang menuntut ilmu di perguruan tinggi. Di samping itu, Mahasiswa adalah salah satu entitas vital yang memiliki peran yang sangan penting dalam melakukan suatu perubahan dan merupakan bagian dari struktur social yang tidak biasa di pisahkan dari masyarakat.
Gerakan mahasiswa merupakan implementasi dari tanggung jawab dari seorang mahasiswa. selain mempunyai tanggung jawab secara akademik, mahasiswa juga mempunyai tanggung jawab social. Mahasiswa adalah masyarakat terdidik yang harus bertanggung jawab atas realitas kebangsaan, jika mahasiswa hanya sadar akan akademik semata, berarti mahasiswa bagaikan rumput yang terpisah dari akarnya, yaitu masyarakat. Dan kesadarannyapun dapat di kategorikan sebagai kesadaran Naif.
Sejarah pergerakan mahasiswa di Indonesia; dari masa ke masa
Gerakan Mahasiswa di Indonesia seolah sudah mengakar rumput dan menjadi potret heroik atas militansi perjuangan yang di dasarkan pada perbaikan, kebenaran dan keadilan. Gerakan Mahasiswa yang mampu memobilisasi massa dan memasifkan isu menjadi kekuatan yang paling di takutkan di Dunia, runtuhnya kekuasaan Perondi 1955(Argentina), Perez Jimenez 1958(Venezuela), Diem 1963(vietnam), Ayub Khan 1956(Pakistan), revolusi polandia’56, Hongaria’56, Spanyol’30, Russia pada 1860-70an dan di Indonesia, tumbangnya rezim fasisnya soeharto adalah berbagai contoh keperkasaan dari Gerakan Mahasiswa.
Pada masa kedudukannya Jepang 1942, semua yang berbau politik di larang dan semua organiasasi pelajar dan mahasiswa serta partai politikpun di bubarkan, tapi kondisi seperti ini semakin menguatkan militansi mahasiswa untuk terus berjuang hingga manghantarkan Indonesia kepada gerbang kemerdekaan.
  
  •  Gerakan Mahasiswa Tahun 1966
Dikenal dengan istilah angkatan 66, gerakan ini awal kebangkitan gerakan mahasiswa secara nasional, dimana sebelumnya gerakan-gerakan mahasiswa masih bersifat kedaerahan. Tokoh-tokoh mahasiswa saat itu adalah mereka yang berada pada lingkar kekuasaan atau pernah ada dalam lingkar kekuasaan.
Di era ini pergerakan dihadapkan dengan 2 kekuatan yang mencoba mengintervensi pemikiran mereka, kedua kekuatan provokatif itu adalah LEKRA dengan hegemoni romentisme revolusionernya dan Universitas Amerika dengan Manifesto kebudayaannya.
Pertengahan 60-an, konflik internal melahirkan wujud baru, hal itu disebabkan oleh kekecewaan terhadap demokrasi terpimpinnya soekarno yang di rasa membelenggu hak asasi dan bertentangan dengan demokrasi liberal  yang mereka terima, diperparah lagi dengan condongnya sukarno kepada PKI.
Pecahnya G30S PKI menandai runtuhnya rezim soekarno, Eksekutif pun beralih dan berpihak kepada rakyat, yaitu dengan dikeluarkannya SUPERSEMAR (surat perintah sebelas maret) dari Presiden Sukarno kepada penerima mandat Suharto. Peralihan ini menandai berakhirnya ORLA (orde lama) dan berpindah kepada ORBA (orde baru). Angkatan 66 pun mendapat hadiah yaitu dengan banyaknya aktivis 66 yang duduk dalam kabibet pemerintahan ORBA.
  
  •  Gerakan Mahasiswa Tahun 1972
Gerakan ini dikenal dengan terjadinya peristiwa MALARI (Malapetaka Lima Belas Januari). Gerakan pada masa ini, keharmonisan antara Gerakan Mahasiswa dengan Orde baru mulai retak, seiring dengan penangkapan aktivis pasca protes atas pembangunan TMII yang dianggap sebagai pemborosan uang Negara. 1973 lahirnya UU perkawinan menambah panas suasana yang kemudian menjadi awal permusuhannya orde baru dengan suara morang mahasiswa, pasca inilah penangkapan para aktivis dan pengekangan pers di mulai.  
  • Gerakan Mahasiswa Tahun 1990 an
Isu yang diangkat pada Gerakan era ini sudah mengkerucut, yaitu penolakan diberlakukannya terhadap NKK/BKK (Normalisasi Kehidupan Kampus / Badan Kordinasi Kampus) yang membekukan Dewan Mahasiswa (DEMA/DM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).
Pemberlakuan NKK/BKK mengubah format organisasi kemahasiswaan dengan melarang Mahasiswa terjun ke dalam politik praktis, yaitu dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0457/0/1990 tentang Pola Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi, dimana Organisasi Kemahasiswaan pada tingkat Perguruan Tinggi bernama SMPT (senat mahasiswa perguruan tinggi). 
Organisasi kemahasiswaan seperti ini menjadikan aktivis mahasiswa dalam posisi mandul, karena pihak rektorat yang notabane-nya sebagai tangan panjangnya pemerintah, lebih leluasa dan dilegalkan untuk mencekal aktivis mahasiswa yang berbuat "over", bahkan tidak segan-segan untuk men-DO-kan. Mahasiswa hanya dituntut kuliah dan kuliah saja.
Di kampus intel-intel berkeliaran, pergerakan mahasiswa dimata-matai. Maka tidak heran jika misalnya hari ini menyusun strategi demo, besoknya aparat sudah siap siaga. Karena banyaknya intel berkedok mahasiswa.
Pemerintah Orde Baru pun menggaungkan opini adanya pergerakan sekelompok orang yang berkeliaran di masyarakat dan mahasiswa dengan sebutan OTB (organisasi tanpa bentuk). Masyarakat pun termakan dengan opini ini karena OTB ini identik dengan gerakan komunis.
Sikap kritis mahasiswa terhadap pemerintah tidak berhenti pada diberlakukannya NKK/BKK, jalur perjuangan lain ditempuh oleh para aktivis mahasiswa dengan memakai kendaraan lain untuk menghindari sikap refresif Pemerintah, yaitu dengan meleburkan diri dan aktif di Organisasi kemahasiswaan ekstra kampus seperti PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), PMKRI (Pergerakan Mahasiswa Katholik Republik Indoenesia) atau yang lebih dikenal dengan kelompok Cipayung.
  •  Gerakan Mahasiswa Tahun 1998
Gerakan mahasiswa era sembilan puluhan mencuat dengan tumbangnya Orde Baru dengan ditandai lengsernya Soeharto dari kursi kepresidenan, tepatnya pada tanggal 12 mei 1998.
Gerakan mahasiswa mencapai klimaksnya pada tahun 1998, diawali dengan terjadi krisis moneter di pertengahan tahun 1997. harga-harga kebutuhan melambung tinggi, daya beli masyarakat pun berkurang. Mahasiswa pun mulai gerah dengan penguasa ORBA, tuntutan mundurnya Soeharto menjadi agenda nasional gerakan mahasiswa. Gerakan mahasiswa dengan agenda REFORMASI nya mendapat simpati dan dukungan yang luar biasa dari rakyat. Mahasiswa menjadi tumpuan rakyat dalam mengubah kondisi yang ada, kondisi dimana rakyat sudah bosan dengan pemerintahan yang terlalu lama 32 tahun! politisi diluar kekuasaan pun menjadi tumpul karena terlalu kuatnya lingkar kekuasaan, dan dikenal dengan sebutan jalur ABG (ABRI, Birokrat, dan Golkar). 
Simbol Rumah Rakyat yaitu Gedung DPR/MPR menjadi tujuan utama mahasiswa dari berbagai kota di Indonesia, seluruh komponen mahasiswa dengan berbagai atribut almamater dan kelompok semuanya tumpah ruah di Gedung Dewan ini, tercatat FKSMJ (Forum Komunikasi Senat Mahasiswa Jakarta), FORBES (Forum Bersama), FORKOT (Forum Kota) dsbg. Sungguh luar biasa, elemen mahasiswa yang berbeda paham dan aliran dapat bersatu dengan satu tujuan : Turunkan Soeharto.
Memang lengser nya Soeharto seolah menjadi tujuan utama pada gerakan mahasiswa sehingga ketika pemerintahan berganti, isu utama kembali kepada kedaerahan masing-masing.

·     Kader belia korp “GEMPHA” ASHRAM BANGSA

COMMENTS

Name

berita,9,fahsion,3,gempha news,5,gender,5,IT,52,kesehatan,39,lirik lagu,8,MAKALAH,5,materi,13,sejarah,8,tentang pmii,17,uin jember,2,warta,14,
ltr
item
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta: GERAKAN MAHASISWA
GERAKAN MAHASISWA
Gerakan Mahasiswa Pembaharuan - PMII Yogyakarta
https://pmiigempha.blogspot.com/2012/02/gerakan-mahasiswa.html
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/
https://pmiigempha.blogspot.com/2012/02/gerakan-mahasiswa.html
true
3388097559341598177
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy